Tuesday, March 24, 2015

Tips Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja - Kita sadar bahwa penghasilan menjadi hal penting dalam kehidupan manusia. Bagaimana tidak? Manusia hidup pastilah membutuhkan uang untuk mencukupi kehidupan sehari-harinya. Bagaimana cara mendapatkan uang? Anda bisa menjadi seorang pengusaha, pedagang, petani, atau bekerja dengan perusahaan. Nah bagi Anda yang ingin bekerja bersama perusahaan impian Anda, Anda harus memperhatikan apa-apa saja syarat yang diajukan oleh perusahaan dalam merekrut karyawan. Ketika Anda masuk kualifikasi, maka langkah selanjutnya mempersiapkan diri menghadapi tes-tes di saat interview atau wawancara. Sedangkan bagi anda pimpinan di perusahaan yang sedang mencari karyawan maka tips ini cocok bagi anda yaitu sebagai tips wawancara user. Nah silahkan disimak.

Nah berikut ini beberapa tips wawancara kerja yang baik, yang perlu Anda perhatikan:

1.Perhatikan penampilan
Bagaimanapun saat pertama kali bertemu, yang mereka lihat pasti dari segi penampilan terlebih dahulu. Rapikah bajunya, sopankah pakaiannya, bersepatu atau tidak, bersih atau tidak, bagaimana rambutnya, celana yang dipakai bagaimana, dan masih banyak aspek yang dilihat dari penampilan. Meskipun penampilan tidak menjamin kualitas diri seseorang, namun sebagai orang yang berpendidikan tentunya kita harus menjaga norma sopan santun dalam berhubungan dengan orang lain.

2. Bahasa tubuh
Tips wawancara kerja berikutnya mengenai bahasa tubuh. Biasanya orang-orang dari pihak perusahaan yang ditunjuk untuk merekrut karyawan memiliki kemampuan membaca bahasa tubuh seseorang. Dengan hanya melihat bahasa tubuh, mereka bisa tahu karakter seseorang itu seperti apa. Bahasa tubuh ini muncul secara alami dari dalam diri seseorang karena mencerminkan kepribadiannya. Namun Anda bisa mempelajari bagaimana bahasa tubuh yang baik. Anda bisa memperlajarinya dari teman, buku, atau juga internet.

3.Tata krama
Tata krama atau kesopanan merupakan hal yang sangat penting. Seseorang akan dihargai ketika dia juga menghargai orang lain. Saat akan memasuki ruangan wawancara, usahakan mengetuk pintu terlebih dahulu dan jangan masuk sebelum dipersilahkan. Ketika sudah dipersilahkan jangan kemudian langsung duduk begitu saja, tunggu sampai pewawancara mempersilahkan duduk, jangan lupa mengucapkan terimakasih.Saat kursi yang akan Anda duduki posisinya harus dimundurkan karena terlalu sempit, jangan menyeretnya kebelakang namun angkatlah. Hal ini penting untuk memperlihatkan kesopanan dan menghindari suara bising. Jika kursi tidak memungkinkan untuk diangkat, maka diseret tidak masalah. Ketika Anda duduk, perhatikan posis duduk Anda. Pastikan dalam keadaan tegap dan tidak senderan di kursi.

4.Buat suasana hati nyaman Mengenai suasana hati saat wawancara juga merupakan salah satu tips wawancara psikotes kerja yang sangat penting. Berpikirlah secara rasional dalam arti orang yang berada di hadapan Anda saat ini sama-sama manusia sehingga Anda tidak perlu merasa takut. Yang perlu diperhatikan adalah mengontrol suasana hati Anda agar berada pada suasana yang nyaman. Ketika suasana hati tertekan, terburu-buru, cemas, akan mempengaruhi jawaban yang akan Anda lontarkan ketika berinteraksi. Teruslah berdoa untuk mendapatkan suasana hati yang nyaman.

5.Selalu jujur Jujur menjadi hal terpenting dalam menghadapi apapun. Terlebih lagi ini berhubungan dengan penghasilan yang nantinya untuk menafkahi keluarga Anda. Ketika Anda melakukan wawancara kerja, lalu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan dan segala apapun yang Anda siapkan untuk pekerjaan ini dengan hal yang tidak sesuai kenyataan yang Anda alami, bisa jadi nantinya gaji Anda tidak akan berkah. Mengapa demikian? Banyak orang di luar sana yang membutuhkan pekerjaan seperti Anda, misalnya ada seseorang yang seharusnya diterima kerja namun karena Anda menghalalkan segala cara demi mendapatkan pekerjaan tersebut, hak orang tadi telah Anda ambil.

Segala sesuatu yang diperoleh dengan cara yang tidak baik, maka hasilnya pun tidak akan baik juga, bahkan mungkin akan memberikan keburukan untuk diri Anda. Itulah beberapa hal mengenai tips wawancara kerja.

Tips Wawancara Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daun biru

0 comments :

Post a Comment