Wednesday, August 12, 2015

Cara dan Contoh Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Benar

Cara dan Contoh Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Benar - Contoh Surat Lamaran Kerja memang sudah tersebar luas di internet, artinya jika teman-teman mencari di google, pastinya akan menemui banyak sekali blog yang membahas dan mengajarkan kepada Anda bagaiamana cara membuat surat lamaran yang baik dan benar.

Jadi disini saya hanya ikut meramaikan saja, karena saya yakin jumlah orang yang mencari Contoh Surat Lamaran Kerja di Google jauh lebih banyak ketimbang jumlah blog yang membahas artikel itu sendiri.

Sekedar informasi saja, soal isi mungkin tidak ada patokan ya, tapi soal tempat, surat lamaran kerja sudah diatur, misalnya penempatan Tanggal harus berada di pojok kanan atas, dan lain-lain.

Agar Anda tidak semakin bingung, lebih baik kita langsung masuk ke dalam contoh saja. Dan disini saya akan memberi 3 Contoh Surat Lamaran Kerja yang benar.

    Contoh Surat Lamaran Kerja versi 1
    Contoh Surat Lamaran Kerja versi 2
    Contoh Surat Lamaran Kerja versi 3


Versi 1 lebih resmi dari Versi 2, jadi nanti tinggal Anda pilih versi mana yang pas untuk Anda kirimkan ke HRD Perusahaan yang Anda lamar. Sementara untuk Versi 3 digunakan untuk melamar kerja sebagai CPNS / Pegawai Negeri.


Contoh Surat Lamaran Kerja versi 1

Contoh Surat Lamaran Kerja v.1

06 Juni 2013

Lampiran : 5 (lima) Lembar
Hal : Lamaran Kerja

Kepada Yth
Bapak Pimpinan PT. Otongers
Jl. Otongraya No. 999 Otongnesia

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini  :

Nama : Otong
Tempat, tanggal lahir : Otongraya, 29 Febuari 1991
Pendidikan : SMA Negeri 4 Otong
Program Keahlian  : Otongotif
Alamat rumah : Jl. Otong-otong RT. 1 RW. 5

Dengan ini mengajukan lamaran kerja sekiranya pada perusahaan Bapak terdapat lowongan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan saya.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan juga foto kopi Ijazah terakhir, foto kopi Sertifikat Kompetensi, foto kopi Surat Keterangan Praktik Kerja di Industri, Daftar Riwayat Hidup, Keterangan Kesehatan serta Pas Foto.

Saya berkeinginan untuk  maju dan sanggup  bekerja keras, serta yakin akan dapat mengerjakan tugas di bidang otomotif.

Jawaban dan kebijaksanan Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Otong

Dari segi bahasa, surat lamaran kerja diatas sangatlah sederhana, langsung to the point alias tidak bertele-tele cocok Anda gunakan jika ingin melamar kerja di BUMN atau Perusahaan yang sangat menjaga kerapiaan dan kesopanan.


Contoh Surat Lamaran Kerja versi 2

Contoh Surat Lamaran Kerja v.2

Lontongraya, 06 Juni 2014

Perihal : Lamaran Kerja
Lampiran : 4 Lembar

Kepada Yth
Bapak/Ibu HRD PT. Lontong Group
Jl. Antah Berantah No. 777 Madiun

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan yang dimuat di (tempat anda melihat lowongan), saya sangat tertarik dengan penawaran tersebut, dan berniat mengajukan permohonan sebagai x (posisi yang ingin dilamar). Data singkat saya adalah sebagai berikut.

Yang bertanda tangan di bawah ini  :

Nama : Caklonotong
Tempat, tanggal lahir : Longraya, 29 Febuari 1991
Pendidikan : SMA Negeri 4 Caklonotong
Program Keahlian  : Caklonotongotif
Alamat rumah : Jl. Caklonotong-lonotong RT. 1 RW. 5

Dengan ini mengajukan lamaran kerja sekiranya pada perusahaan Bapak terdapat lowongan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan saya.

Untuk pertimbangan, saya lampirkan pula.

    Foto Kopi Ijazah Terakhir
    Foto Kopi Sertifikat Privar Otomotif
    Daftar Riwayat Hidup
    Pas Foto


Besar harapan saya disa diterima kerja di perusahaan Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Caklonotong

Untuk contoh surat lamaran kerja yang versi dua ini, sejujurnya cocok juga untuk Anda gunakan melamar di Perusahaan Negara, tapi saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan versi pertama. Tapi keputusan tetap ada di tangan Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja versi 3



Bandung, 25 Maret 2015

Yth. Bapak Menteri Keuangan
Provinsi Jawa Barat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Lulung
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 17 Agustus 1945
Jenis kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Pendidikan : S-1 Keuangan dan Perbankan
Alamat : Jalan Antah Brantah No. 1, Bandung, Jawa Barat
Nomor telepon : 008123456789

Dengan ini mengajukan permohonan kepada bapak unuk dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan Bandung dengan jabatan KP 01.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini Saya lampirkan :

    Foto copy Kartu Pencari Kerja (AK. I) yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar,
    Pas photo ukuran 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar,
    Foto copy Ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar.


Demikianlah surat permohonan lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya untuk kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Lulung

Contoh surat lamaran kerja diatas sangat pas dan cocok Anda aplikasikan ketika ingin mengikuti rekrutmen CPNS. Dari segi bahasa bisa dibilang sudah baik dan benar karena telah memenuhi kaidah-kaidah dalam penulisan surat lamaran kerja seperti penggunaan kalimat yang efektif serta telah mengungkapkan tujuan dan alasan melamar kerja.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Seperti yang kita semua ketahui, peran sebuah surat lamaran pekerjaan adalah yang utama, artinya, jika surat lamaran kerja tersebut salah atau tidak sesuai aturan yang baku, maka jangan harap Anda akan dihubungi untuk mengikuti intervie.

Tapi tidak perlu khawatir, saya memiliki sedikit tips untuk Anda agar surat lamaran kerja yang Anda buat tidak 'disingkarkan' dan mungkin mampu 'meluluhkan' hati sang HRD.

Langsung saja berikut adalah tipsnya.

Tonjolkan Kesan Unik
Ada banyak ribuan contoh surat lamaran kerja di Internet. Jika Anda hanya copy lalu paste di Ms. Office Word diprint lalu dikirim, tentu tidak akan ada nilai lebih dari surat lamaran keja Anda.

Untuk itulah usahakan membuat surat lamaran kerja yang unik. Caranya mudah sekali, Anda bisa mendowload template di Office lalu tinggal Anda edit pada isinya.

Rapi dan Bersih

Saat memilih template dan menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda tidak menambahkan pernak-pernik yang justru akan membuat surat lamaran kerja Anda terlihat 'maaf' alay. Jadi usahakan membuatnya sebersih dan serapi mungkin.

Teliti Kembali

Meniliti kembali apa yang Anda tulis adalah hal terpenting, ini seperti ujian. Jadi pastikan apa yang Anda kirim sudah benar-benar lulus, dalam hal penulisan mupun pemilihan kata.

Itu saja Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja dari saya. Selamat berjuang dan semoga berhasil mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

sumber : berguruseo.blogspot.com

Baca juga artikel kami lainnya mengenai Panduan Dasar Menggunakan Akun Social Path Android

Cara dan Contoh Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daun biru

0 comments :

Post a Comment